Friday, December 23, 2011

JKT48!

I want you... (I want you...)
I need you... (I need you...)
I love you... (I love you...)
Atama no naka,
Gangan natteru myuujiiku,
Hebii roteshon...

Pasti lo semua udah pernah denger lagu ini. Ada yang pernah denger karena ngefans sama AKB48, ada juga yang pernah denger karena liat iklan Pocari Sweat di TV.
Judul lagunya tuh Heavy Rotation, penyanyi aslinya AKB48. Pasti kalian otomatis ngira model di iklan Pocari Sweat itu AKB48 atau orang luar. Salah!
Modelnya orang-orang Indonesia kok, mereka adalah idol group bernama JKT48!
Oke, gue udah tau reaksi beberapa dari lo : "what? JKT48? plagiatnya AKB48 ya???"
Eits, jangan sembarangan ngomong dong. Mendingan lo semua baca dulu posting gue ini sampe tuntas!
JKT48 adalah idol group yang merupakan adik (sister group) AKB48! Bener-bener sister group official lho. Jadi bukan plagiat atau apa lah namanya :D
Gue tau tentang proyek JKT48 waktu lagi browsing-browsing soal AKB48, eh tau-tau ada berita tentang JKT48. Otomatis gue jadi tertarik dong. Gue browsing lagi deh tentang JKT48. Dan gue langsung excited banget begitu gue tau kalo proyek JKT48 ini emang bener ada! Waktu itu, audisinya lagi berlangsung.
JKT48 dibentuk di Jakarta bulan Oktober 2011 yang lalu. Idenya udah dari September 2011. Generasi pertama anggota idol group ini diperkenalkan pada tanggal 3 November 2011. Generasi pertama ini disebut Tim J, terdiri dari 28 orang. Nanti, rencananya mereka bakalan digenapin jadi 48 orang. Masih ada yang tertarik buat ikutan? Umur membernya antara 13-21 tahun. Banyak yang seumuran gue! :D
Ini tujuan JKT48 yang gue kutip dari official site JKT48 :
"Kami ingin menciptakan tempat bagi para perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian mereka. Bersama para penggemar, kami ingin membuat satu-satunya “Idola orisinal Indonesia”. Inilah inspirasi utama kami meluncurkan JKT48.

Seluruh anggota JKT48 akan menggapai tujuan mereka menjadi idola sesungguhnya; dan untuk mencapainya, mereka akan berdedikasi tinggi terhadap kegiatan mereka, tidak hanya menyanyi dan menari, namun juga bakat/ penampilan lainnya. Ayo, datang dan saksikan para anggota berjuang keras mewujudkan mimpi mereka. AKB48 dapat sukses karena tumbuh “bersama” para penggemar hingga mereka dapat mencapai posisi seperti saat ini. Kami ingin JKT48 mengikuti jejak AKB48 untuk menjadi grup idola yang dekat dengan para penggemarnya dan juga menjalin hubungan yang erat dengan mereka. Kami percaya bahwa dukungan dari para penggemar akan membawa JKT48 ke tingkat yang lebih tinggi, dimulai dari grup idola yang berbasis di Jakarta hingga menjadi dikenal di seluruh dunia."
Dibentuknya JKT48 adalah juga bagian dari diplomasi budaya yang dilakukan Jepang. Dengan adanya akulturasi antara pop culture Jepang dengan budaya Indonesia, hubungan antar kedua negara diharapkan dapat lebih erat lagi.
Kayak AKB48, JKT48 juga mengusung "idol yang bisa ditemui setiap hari". Mereka akan jadi idol yang lebih dekat sama fansnya. Buat kedepannya, unsur-unsur Indonesia akan ditambahin untuk memberi kesan lokalitas pada JKT48. Jadi gak sabar nunggu single dan album mereka keluar deh.
Oh iya, gue liat di internet (YouTube, Twitter, Facebook, Blog, dll) masih banyak yang nyebut JKT48 sebagai "girlband". Salah. JKT48 adalah idol group, sama kayak AKB48. Mungkin lo semua bertanya-tanya, apa bedanya girlband dan idol group? Kalo girlband, mereka cuma nyanyi dan dance, tapi kalo idol group, selain nyanyi dan nari, mereka juga dilatih buat merambah dunia entertainment macam akting, dll. Jadi mereka bener-bener talented dan pantes buat jadi idola!
Serunya lagi, beberapa hari yang lalu JKT48 menjadi mystery guest Kouhaku Daiko Uta Gassen 2011 di Jepang! Keren banget ya, mereka udah bisa satu panggung sama 'kakak' AKB48! Di sana, JKT48 nyanyiin lagu Aitakatta versi bahasa Indonesia. Mantaaap! (b)
Penasaran sama mereka? Nih silahkan tonton video-videonya...



So? Udah ngerti kan apa itu JKT48? Bukan plagiat, bukan girl band, tapi idol group yang pastinya talented banget! Jadi jangan samain sama band-band korea KW 5 yang lagi menjamur di Indonesia ya...!
Pokoknya, buat JKT48... ganbatte ne! *eh bener gak tuh tulisannya*
Read it, share it, and love it.
~Arsh

3 comments:

  1. kalo official resmi sih aq gag brani ngomong klo mreka plagiat.....
    walopun aq pecinta K-Pop tp aq jg ska song japan(karna aq tau lagu manca jg prtma kali dr song japan)....
    aq gag mau bnyk koment lg, pkoknya
    Sukses buat artist Japan
    Sukses buad AKB48
    Sukses buad JKT48
    gag ktinggalan jg Sukses buad yg punya blogg....

    CHayo.....!!^_^
    (moga2 tulisannya bner)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, lagu korea juga banyak yang aku dengerin kok :)
      thanks yaa~ :D

      Delete
  2. JKT48 dulu ak sangka kl mereka plagiat AKB48 karena dulu aku masih buta mengenai ke idol grup-an.Aku sk bgt sm AKB48.Terlebih Takamina aku suka.Pernah mimpiin jalan bareng Tomomi Itano di sekolah sm ngobrol dengan Takamina.
    JKT48 ya???? Maaf aku kurang suka.Palingan member2 nya yg kusuka(aku cewek lho).Oshimenku Haruka Nakagawa sm Melody.Habis itu gak!!!
    Info yg bagus.Terimakasih.
    Ssssstttttt salam sm Takamina(bercanda kakak)

    ReplyDelete