Sunday, October 16, 2011

Breast Cancer Awareness Month

Hai semua :) Kaget karena tumben-tumbenan blog gue warnanya pink semua? Well, sebenernya kalian gak perlu kaget. Emang rada telat sih, tapi mumpung masih bulan Oktober, jadi ya... lanjut terus! Gue ngerenovasi blog gue jadi ngepink gini karena... Oktober adalah Breast Cancer Awareness Month!
Gak ngerti yang gue omongin? Oke gue ulang... Oktober adalah bulan untuk peringatan kanker payudara!
Lo semua pasti tau dong kanker payudara? yes, absolutely kanker yang menyerang jaringan payudara. Selain itu, kanker payudara (Carcinoma mammae) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh Word Health Organization (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 17. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi. Gejala kanker payudara bisa dibaca di sini : Gejala Klinis Kanker Payudara (Wikipedia).
Kalo Breast Cancer Awareness Month (di Amerika jadi National Breast Cancer Awareness Month/NBCAM)-nya sendiri adalah kampanye tahunan yang diselenggarain secara internasional setiap bulan Oktober.
NBCAM pertama kali founded tahun 1985, sebagai kerjasama antara American Cancer Society dan Imperial Chemical Industries (sekarang bagian dari AstraZeneca, pembuat beberapa obat anti kanker payudara). Tujuan dari NBCAM awalnya adalah mempromosikan mamografi sebagai senjata paling efektif dalam memerangi kanker payudara.
Pada tahun 1993, Evelyn Lauder, Senior Corporate Vice President of the Estée Lauder Companies mendirikan The Breast Cancer Research Foundation dan menetapkan pita pink (pink ribbon) sebagai simbol Breast Cancer Awareness. Udah banyak acara dan kegiatan yang dilakukan buat meringatin NBCAM, tapi yang paling seru adalah saat hampir selusin landmark terkenal di dunia diterangi lampu-lampu warna pink untuk menarik perhatian pada pentingnya mammography screening untuk mendiagnosis dini kanker payudara. Beberapa landmark di antaranya adalah The Harbour Bridge (Australia), Niagara Falls (Canada), Tokyo Tower (Jepang), Empire State Building (USA), dan banyak lagi! Kira-kira kapan ya gilirannya Monas? :D
White House decorated pink in honor of National Breast Cancer Awareness Month in October 2008
Tokyo Tower lit up in pink on October 1, 2007 for National Breast Cancer Awareness Month
The greenhouse of Botanical Garden of Curitiba (Southern Brazil is illuminated in pink during October.
Kampanye lain yang juga seru adalah Pink Hijab Day! Jadi, awalnya, kelompok siswi-siswi muslim SMA di Columbia, Missouri, 'janjian' pake jilbab warna pink buat NBCAM! Sekarang Pink Hijab Day udah jadi gerakan global buat meringatin Breast Cancer Awareness. :D
 Terus, apa yang bisa kita lakuin buat meringatin Breast Cancer Awareness Month ini? Jawabannya : BANYAK! Yang paling penting adalah, kita harus ningkatin kesadaran kita akan Breast Cancer Awareness ini. Kenalin tanda-tandanya! Dan masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan!
And then... ini daftar beberapa website yang berkaitan sama Breast Cancer Awareness :
Pink Ribbon (Official)
National Breast Cancer Awareness Month
Breast Cancer Awareness - Breast Cancer Store (Store ini ngejual barang-barang yang berkaitan sama Breast Cancer Awareness, dan hasilnya bakalan disumbangin buat kepentingan Breast Cancer Awareness pastinya!)
By the way, lagu yang gue pasang diblog ini, judulnya adalah Just Stand Up. Penyanyinya... Beyoncé, Carrie Underwood, Rihanna, Sheryl Crow (only on studio version), Fergie, Leona Lewis, Keyshia Cole, Miley Cyrus, LeAnn Rimes (only on studio version), Natasha Bedingfield, Melissa Etheridge (only on studio version), Mary J. Blige, Ciara, Mariah Carey, Ashanti, dan Nicole Scherzinger (only on live version). Singlenya dirilis tanggal 21 Agustus 2008.
Dan gue punya free wallpaper buat kalian semua! Resolusinya gak gede-gede banget sih, cuma 1366x768 (resolusi laptop gue, wkwkwk) dan 1900x1200, but at least, lumayan worth it lah buat di download :)))
Just click for the full size image! (1366x768)
Just click for the full size image! (1900x1200)
And last... karena gue sangat narsis, gue kasih juga foto gue dengan pink ribbon yang baru tadi gue bikin, hehe. Plus foto 'Apa Yang Terjadi Dengan Tas Sekolah Gue'!
Oke, sekian dulu deh informasi Breath Cancer Awareness Month dari gue, semoga ada gunanya yaw :)
Read it, share it, love it, and be aware!
Arsh~

No comments:

Post a Comment